Jumat, 25 Januari 2013

Salah Kaprah Yang Mesti Diluruskan

 
Judul: Salah Kaprah Yang Mesti Diluruskan
Meluruskan beragam kekeliruan masyarakat dalam hal aqidah, ibadah, mu’amalah dan lainnya dengan bimbingan al-qur’an dan as-sunnah
Asli: Akhtha’ Syai’ah Yajibu Tash-hihuha Fii Dhau’ Al-Kitab Was Sunnah
Penulis: Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu
Penerbit: Pustaka Salafiyah
Tebal : 188 halaman
Fisik : 14,5 cm x 20,5 cm, shrink, doff, soft cover
Harga: Rp. 34.500


Telah ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa manusia seluruhnya pasti berbuat salah, dan yang paling baiknya adalah yang bertaubat.
Bahkan seringkali seseorang melakukan kesalahan tanpa sadar, bisa jadi karena tidak tahu dan bisa jadi pula karena memang hawa nafsu.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya bisa jadi seorang hamba berucap dengan suatu ucapan yang menyebabkan kemurkaan Allah, yang tidak terbetik dalam pikirannya, hingga menyeret dirinya ke neraka jahannam." (HR. Muslim)
Begitulah keadaan manusia, karena itu Allah menjadikan agama ini sebagai nasihat bagi kita semua. Dan masing-masing kita diingatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar peka terhadap orang lain yang sedang melakukan kesalahan untuk menegurnya dengan baik,
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Barangsiapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya. Jika tidak mampu maka dengan lisannya. Jika tidakmampu maka dengan hatinya. Dan itulah selemah-lemah iman. " (HR. Muslim).
Dan bagi kita yang ditegur, atau diingatkan kesalahannya, kita mestinya mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh Umar bin Khaththab;"Semoga Allah rnerahmati orang yang menunjukkan kesalahanku kepadaku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar